Input Device

  • Input Device
    Input Device (Alat untuk Masukan)
    Input Device adalah perangkat atau alat yang digunakan untuk memasukkan atau menginput data kedalam komputer.
    Yang merupakan alat Input adalah :
     
    Keyboard 
    Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. 
    Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
    Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol.
    Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol). Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut :
    A. Alphanumeric Key
    B. Numerik Keypad
    C. Function Key
    D. Modifier Key
    E. Cursor Movement Key.
  •  Mouse
    Mouse adalah salah satu input device atau alat masukan yang digunakan sebagai perpindahan pointer atau kursor secara tepat. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click)sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless

Mouse PS 2

Mouse Wireless















Mouses USB


 



  • Touchpad
    Perangakat ini biasanya ditemukan pada Notebook ataupun Netbook, pada prinsipnya cara kerjanya hampir sama dengan Mouse akan tetapi alat ini menggunakan sentuhan jari tangan.


Touchpad
  • Floppy drive
    Pada zaman sekarang floppy drive sudah jarang digunakan karena untuk media penyimpannya yang berukuran kecil. Alat ini dapat digunakan untuk membaca ataupun menuliskan data. Alat penyimpannya berupa Disket.
Floppy Drive
  • CD/ DVD ROM  Drive
    CD-ROM adalah alat untuk membaca CD atau VCD pada computer. Beberapa kemampuan CD-ROM : CD-ROM dengan kemampuan : 24x, 36x, 40x, 52x, 56x, dan seterus nya.
    DVD-ROM
    DVD-ROM adalah alat untuk membaca CD VCD DVD musik atau film yang berkualitas tinggi pada computer.
    CD-RW

    CD-RW adalah alat untuk merekam (backup) data pada cd. Beberapa kemampuan CD-RW : CD-RW dengan kemampuan : 24x10x40, 32x10x40, 32x12x40, 40x12x40, 32x14x48, 52x24x48, 48x12x50, 52x32x52, dan seterusnya.

DVD ROM
  • Webcam
    WebCam adalah Kamera video yang didesain untuk berhubungan dengan PC. Kamera bisa digunakan untuk merekam klip video yang bisa dikirim lewat e-mail atau untuk mentransmisikan gambar secara langsung di Internet untuk keperluan video conferencing.
    Webcam atau web camera adalah kamera digital yang terhubung dengan komputer dan terhubung dengan halaman web. Dengan menggunakan teknologi ini, maka kamera yang ada pada komputer akan memberikan informasinya, yaitu berupa gambar yang dimunculkan melalui halaman web.
Webcam
  • Scanner
    Scanner adalah alat input yang digunakan untuk mengcopy atau menyalin sebuah file atau gambar yang selanjutnya disimpan kedalam memori komputer
    . Fungsi scanner ini hampir mirip dengan mesin foto copy, yang membedakan adalah hasilnya, Foto copy berupa hasil cetakan kertas sedangkan Scanner masih dalam bentuk digital sehingga bisa di edit atau dimodifikasi. Untuk saat ini juga dikembangkan Scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader) yang berfungsi untuk mengoreksi LJK, Biodata dan formulir. Untuk teknologi DMR tidak harus menggunakan pensil 2B melainkan dapat menggunakan media lain seperti Bolpoin ataupun spidol. Untuk scanner yang baru beredar dipasaran menggunakan teknologi  OCR ( Optical Character Recognition) hanya untuk menyalin objek atau file.

Scanner
  • Mikrophone
    Mikrophone  adalah alat yang digunakan untuk merekam suara. Dengan ini kitapun dapat berbicara dengan orang lain dengan kata lain kita dapat mengobrol dengan orang lain seperti pada teknologi Handphone.
Mikrophone
  • Barcode Reader
    Barcode Reader adalah alat yang digunakan untuk membaca kode tang berupa garis vertical yang kemudian diterjemahkan kedalam bentuk angka. Biasanya ini digunakan pada Supermarket, swalayan, Mini market dll.
Barcode Reader
  • Light Pen
    Light pen adalah alat yang digunakan untuk memodifikasi atau mendesain gamabar dengan  monitor. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian sinyal tersebut direkam, dimana layar tersebut bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

Light Pen

    Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Input Device. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : Learn Together
    Ditulis oleh: bL4ckL!zt -

    Belum ada komentar untuk "Input Device"

    Posting Komentar